PUSATSIARANPERS.COM – Buah nanas sangat populer dan tidak sedikit orang Indonesia yang menyukainya.

Buah yang memiliki perpaduan rasa asam manis menyegarkan mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan mineral penting bagi kesehatan.

Nanas kaya akan antioksidan. Nanas memiliki beragam kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, mangan, thiamin, magnesium, serat, sukrosa, natrium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kolin, zinc, selenium, dan bromelain.

Seperti dilansir dari laman Web MD, Selasa, 24 Januari 2023, nanas memiliki segudang manfaat yang sangat menguntungkan bagi kesehatan, terutama perempuan di antaranya:

1. Tingkatkan Kesehatan Tulang

Nanas memiliki kandungan mangan yang tinggi sehingga dapat membantu memperkuat tulang.

Bagi Anda yang aktif berolahraga, kandungan sehat pada nanas dapat melumasi sendi-sendi, sehingga tidak mudah rusak karena aktivitas fisik.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi buah nanas yang tinggi vitamin C bermanfaat untuk menjaga kepadatan massa tulang dan menurunkan risiko osteoporosis pada wanita.

2. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Manfaat buah nanas untuk kanker payudara berasal dari kandungan enzim bromelain.

Enzim ini membantu meningkatkan kinerja obat sisplatin untuk membunuh sel tumor payudara.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrition & Metabolism (2019) menemukan bahwa pemberian cuka nanas pada tikus membantu mengurangi perkembangan tumor payudara.

Namun, efek ini belum diuji pada manusia. Terlebih, konsentrasi enzim bromelain dalam buah nanas kemungkinan terlalu kecil untuk memberikan manfaat yang signifikan.

3. Meningkatkan Kesuburan

Nanas mampu meningkatkan kesuburan karena mengandung bromelain sebagai agen antiinflamasi dan antikoagulasi (pengencer darah) yang dapat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh.

Dengan meningkatkan aliran darah ke rahim, ini dapat meningkatkan implantasi (proses menempelnya embrio di dinding rahim).

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah nanas bersifat sebagai antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit wanita.

Vitamin C ini membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit.

Radikal bebas sendiri umumnya terbentuk saat kulit terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Selain itu, zat gizi dalam nanas juga membantu mencerahkan kulit wajahmu.

Vitamin C bisa menghambat kerja melanosit, yakni sel yang memproduksi pigmen warna kulit, mengurangi noda dan bintik hitam pada wajah.

5. Memperkuat Otot

Nanas adalah sumber valin dan leusin yang baik, di mana keduanya merupakan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot.

Wanita membutuhkan energi untuk menjaga kesehatan ototnya.

Satu gelas jus nanas setiap hari akan membantu mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina.***