TANYA-JAWAB

Pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan mengenai kerjasama dengan Pusatsiaranpers.com, dan jawabannya.
SEJAK diluncurkan pertama kali, Pusatsiaranpers.com (Pusat Siaran Pers Indonesia/PSPI) mendapat sambutan yang antusias, baik dari kalangan media, maupun non media.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan mereka kepada kami, seputar Pusatsiluratpembaca.com dan PSPI.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut, kami kategorikan dalam dua bagian, yaitu : Bagian pertama, pertanyaan dari instansi/korporasi non media. Bagian kedua, pertanyaan dari media.

I. PERTANYAAN DARI HUMAS ATAU PUBLIC RELATIONS

1. Bagaimana cara mengirimkan Siaran Pers kepada Pusatsiaranpers.com?

Siaran Pers lembaga/oragnisasi yang sudah Anda buat dengan sempurna, dapat langsung dikirimkan melalui email ke : siaranpers.co.id@gmail.com, redaksi@siaranpers.co.id, dan via whatsapp : 0878-15557788, 0819-15557788.

2. Apakah ada persyaratan khusus mengenai teknis penulisan Siaran Pers?

Tidak ada persyaratan khusus. Sebaiknya di akhir Siaran Pers mencantumkan Nama/Jabatan organisasi yang menjadi narasumber, serta mencantumkan nomer kontak HP/WA/SMS yang mudah dihubungi jurnalis untuk konfirmasi, dan klarifikasi atas Siaran Pers yang dimuat.

Tata cara penulisan Siaran Pers, bisa dilihat : Cara Menulis Siaran Pers, sedangkan secara etika, sebaiknya mengedepankan prinsip-prinsip jurnalistik, sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik, serta Pedoman Penulisan Media Siber.

3. Apakah setiap Siaran Pers, pasti akan dimuat di Pusatsiaranpers.com?

Tidak ada jaminan secara pasti Siaran Pers Anda akan ditayangkan. Tim Redaksi akan menyeleksi Siaran Pers yang Anda dikirimkan, selanjutnya diputuskan untuk diterbitkan/tidak diterbitkan.

4. Apakah ada biaya untuk penayangan Siaran Pers di Pusatsiaranpers.com?

Tidak ada biaya, sepanjang redaksi Siaranpers.com menilai Siaran Pers Anda memang layak siar, akan diterbitkan. Demikian juga sebaliknya.

Namun untuk Siaran Pers dengan permintaan khusus, dengan frekuensi penayangan yang khusus pula, tentu kami juga memiliki special treatment.

5. Bolehkah kami mengirimkan Siaran Pers secara rutin setiap hari?

Boleh saja. Tim Redaksi akan menyeleksi Siaran Pers yang Anda dikirimkan, selanjutnya akan diputuskan untuk diterbitkan/tidak diterbitkan.

Tetapi jika Anda ingin kepastian publikasi dan penayangannya, sebaiknya Anda ikut program Siaran Pers Premium yang berbayar.

6. Apa yang dimaksud dengan program Siaran Pers Premium? Berapa biayanya?

Program Siaran Pers Premium adalah siaran pers berbayar, sehingga sudah pasti akan ditayangkan di Pusatsiaranpers.com. Adapun biayanya adalah : Rp 2.500.000/Siaran Pers.

Dengan biaya tersebut, kami tidak akan membatasi jumlah Siaran Pers yang ingin diterbitkan atau ditayangkan di Pusatsiaranpers.com. Berapa pun Siaran Pers yang akan diterbitkan, akan kami layani dengan baik.

7. Apakah semua Media Partner yang ada, juga akan mengutip dan menayangkan Siaran Pers yang ada di Pusatsiaranpers.com?

Tergantung kebijaksanaan redaksi masing-masing media. Biasanya wartawan akan mengutip Siaran Pers sesuai dengan kebutuhan medianya masing-masing.

8. Dapatkah tim Pusatsiaranpers.com membantu untuk mempublikasikan Siaran Pers kami di semua daftar Media Partner ini? Jika bisa, berapa biayanya?

Kami bisa membantu Anda. Pusatsiaranpers.com dapat membantu menjadi penghubung Anda dengan media yang daftarnya tercantum dalam Media Partner.

Soal biayanya, tergantung kebijaksanaan masing-masing media. Anda tinggal memilih berapa media dari daftar Media Partner yang ingin mempublikasikan Siaran Pers Anda, setelah itu segera kami informasikan biayanya.

9. Apakah ada layanan lainnya yang bisa diberikan oleh Pusatsiaranpers.com?

Jasa dan layanan yang berikan hanya fokus yang berkaitan dengan Siaran Pers, yaitu.

1. Kami dapat membantu pembuatan Siaran Pers, dalam bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris, atau bahasa lainnya.

2. Kami dapat mendistribusikan Siaran Pers kepada alamat email redaksi media mainstream terbesar di Indonesia (berdasarkan 20 peringkat alexa). Alexa Rank adalah suatu proses penilaian kualitas website oleh situs dunia alexa.com.

2. Kami dapat membantu mendistribusikan Siaran Pers ke hampir seribuan alamat email wartawan di seluruh Indonesia, melalui email blasting.

3. Kami dapat membantu Siaran Pers Anda agar dapat ditayangkan di berbagai media siber mainstream, yang terkemuka di Indonesia.

4. Kami dapat membantu mendistribusikan dan mempublikasikan Siaran Pers ke semua jaringan media online Jawa Group (sebanyak 84 media dari Sumatera s/d Papua, update per 1 Juni 2018).

II. PERTANYAAN DARI MEDIA ATAU PENERBITAN PERS

1. Bolehkah kami mengutip Siaran Pers yang dipublikasikan di Pusatsiaranpers.com?

Boleh. Media Anda boleh mengutip sebagian atau seluruh Siaran Pers yang ditampilkan di Pusatsiaranpers.com

2. Apa syarat-syarat yang dibutuhkan, jika kami mengutip Siaran Pers dari Pusatsiaranpers.com

Tidak ada persyaratan khusus, namun secara etika jurnalistik sebaiknya media Anda mencantumkan sumber informasi (Pusatsiaranpers.com), di dalam berita media Anda.

Misalnya dengan menyebutkan, seperti dilansir Pusatsiaranpers.com… atau, seperti dikutip Pusatsiaranpers.com..., atau, demikian seperti diberitakan Pusatsiaranpers.com, dan sebagainya.

3. Apakah ada biaya, jika mengutip Siaran Pers dari Pusatsiaranpers.com?

Tidak ada biaya, alias gratis.

4. Bagaimana caranya agar kami menjadi Media Partner Pusatsiaranpers.com, sehingga nama media kami dan linknya dicantumkan di sini.

Hubungi kami saja. (*)

Masih ada pertanyaan? hubungi :
Pusat Siaran Pers Indonesia (PSPI)
Email : siaranpers.co.id@gmail.com, redaksi@siaranpers.co.id
WhatsApp : 0878-15557788, 0819-15557788.

BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI :

Tentang Pusatsiaranpers.com, dan Kiprah Pusat Siaran Pers Indonesia (PSPI)

Tanya Jawab Seputar Publikasi Siaran Pers, dan Kerjasama dengan Pusatsiaranpers.com

Membuat Siaran Pers yang Baik, dan Cara Mendistribusikannya Secara Efektif.

Daftar Media Partner yang Sudah Bekerjasama dengan Pusatsiaranpers.com