Pusatsiaranpers.com, Jakarta – Perjuangan warga kebun sayur, Ciracas untuk memperjuangkan tempat tinggalnya belum usai.

Setelah pada tahun 2009 warga terancam digusur oleh Perum Pengangkutan Djakarta (PPD) yang mengklaim kepemilikan lahan, saat ini warga kembali terancam digusur untuk pembangunan apartemen LRT City yang dilaksanakan oleh PT. Adhi Karya.

Upaya tersebut bermula ketika pada 2017, PPD mengadakan kerjasama dengan PT. Adhi Karya tentang penggunaan lahan kebun sayur untuk pembangunan apartemen LRT City.

Apartemen LRT City merupakan bagian dari proyek Transit Oriented Development (TOD) untuk hunian di sekitar jalur LRT. Persoalannya, hingga hari ini PPD tidak dapat membuktikan kepemilikan atas lahan yang dihuni warga sejak 1980an tersebut.

Upaya penyelesaian sengketa antara warga dengan PPD telah dilakukan melalui mediasi di Komnas HAM. Dalam proses mediasi pada 2012, telah ada kesepakatan mengenai status quo lahan dan PPD diminta tidak melakukan penggusuran paksa.

Meski demikian, upaya mediasi tersebut tidak selesai dan penanganan di Komnas HAM tertunda.

Saat ini, pihak PT. Adhi Karya telah mendirikan kantor pemasaran di dekat pemukiman warga dan telah melakukan pemasaran unit apartemen sebagaimana dapat dilihat dalam tautan berikut http://www.lrtcity.com/projects/urban-signature.

Meski demikian, tidak pernah diadakan musyawarah untuk menentukan nasib warga kebun sayur.

Atas dasar tersebut, warga kebun sayur berencana untuk melakukan aksi mengenai persoalan ruang hidup mereka yang akan dilakukan pada : Hari ini, Senin, 4 Juni 2018 di Kantor Komnas HAM. Jalan Latuharhari No. 4-B, Menteng.

Siaran Pers ini dirilis oleh LBH Jakarta, Senin (4/6/2018). Narahubung : Pandi. S (Team 9 Kebun Sayur Ciracas) – 081298211132, Danu (BEM FH UI) – ‭0812 82086188‬, Charlie Albajili (LBH Jakarta) – 081224024901.


Siaran Pers atau Press Release ini boleh dikutip dan ditayangkan di media cetak, media siber, atau media online. Sebarkan Siaran Pers ini kepada jurnalis lainnya, agar segera ditayangkan. Terima kasih, jika berkenan mencantumkan sumber kutipannya (Pusatsiaranpers.com) di dalam berita media Anda.